Nasional

Petugas dari Muri saat melakukan pengukuran panjang tahu di Kota Kediri, Jawa Timur, Minggu (17/7/2011).

KEDIRI, KOMPAS.com – Kota Kediri, Jawa Timur mencatat sejarah dengan memecahkan rekor tahu terpanjang, Minggu (17/7/2011) petang. Rekor ini memecahkan rekor sebelumnya yang tercipta di Semarang pada tahun 2008 silam.

Deretan tahu yang ditata memanjang searah jalur jalan Basuki Rahmat, depan kantor Balaikota Kediri itu, diperiksa dan diukur langsung oleh utusan museum rekor dunia Indonesia.

Hasilnya, deretan makanan yang berbahan dasar kedelai itu mencapai panjang 111 meter lebih 3 centimeter, lebar 60 centimeter serta tinggi 6 centimeter. Rekor ini mematahkan rekor yang pecah di Semarang pada tahun 2008 dengan panjang 102 meter lebih 5 centimeter.

“Rekor tahu terpanjang di Kota Kediri ini terdaftar sebagai rekor MURI ke-5005,” kata Desi Dianistia, Deputi Manager Muri.

Tahu-tahu itu, berasal dari para pengusaha tahu yang ada di Kediri. Setiap pengusaha berpartisipasi sesuai kemampuan masing-masing dan jumlah yang terkumpul mencapai 23.350 buah serta menghabiskan 2,5 ton kedelai.

“Tadi saya bawa 1.500 buah,” kata Miyanto, salah satu pengusaha tahu takwa yang turut berpartisipasi.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara “Kediri in a Week” yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan,Pertambangan, Mineral dan Energi Pemkot Kediri dalam rangka menyambut hari jadi Kota Kediri ke 1132. Selain pemecahan rekor tahu terpanjang, juga digelar festival jalan Doho yang berisi pameran aneka makanan maupun produk usaha kecil menengah.

“Kegiatan ini digelar karena tidak ada yang namanya alergi karena tahu, yang ada malah bergizi. Selain itu selama ini Kota Kediri khas dengan tahu,” kata Walikota Kediri, Samsul Azhar saat dikonfirmasi mengapa harus rekor tahu yang dipecahkan.

dikutip dari surat kabar Kompas

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s